ricardosblog-hacker adware

Sejarah adware dari pembajak komputer

Sejarah adware dari pembajak komputer

Ketika kita memikirkan adware, kita memikirkan iklan yang mengganggu dan mengganggu yang muncul entah dari mana saat menjelajah internet. Siapa pun yang menjelajahi internet telah menemukan sembulan sial yang mengiklankan segala sesuatu mulai dari program komputer hingga Viagra. Adware adalah salah satu objek yang paling diejek di internet, bersama dengan virus, spyware, dan malware lainnya. Sementara adware dikatakan sebagai bentuk spyware yang paling tidak berbahaya, sebagian besar pengguna web membenci bentuk iklan yang mencolok dan mengganggu. Mereka sering ditipu untuk mengklik adware tersebut dan secara tidak sengaja mengunduh sesuatu yang lebih berbahaya.

Apa itu adware? Adware atau perangkat lunak yang didukung iklan didefinisikan sebagai perangkat lunak komputer atau paket perangkat lunak di mana iklan dan materi pemasaran lainnya disertakan dalam perangkat lunak atau dimuat secara otomatis oleh perangkat lunak. Adware biasanya berjalan setelah diinstal. Beberapa adware berbahaya juga mengunduh informasi tentang komputer atau aktivitas pengguna tanpa persetujuan pengguna. Adware sering kali berbentuk iklan banner yang muncul di pop-up atau di mana saja di layar komputer Anda.

Aplikasi perangkat lunak menampilkan spanduk iklan ini ketika sebuah program dibuka atau oleh beberapa mekanisme pemicu lainnya. Sebagian besar adware dibangun ke dalam aplikasi gratis. Hal ini memungkinkan pengembang untuk menutupi biaya pembuatan perangkat lunak tersebut. Contoh penting adalah browser Opera, yang merupakan aplikasi gratis tetapi dilengkapi dengan iklan banner. Adware hanya dapat dihapus setelah pengguna membeli dan mendaftarkan salinan program mereka. Ini juga merupakan mekanisme yang menghasilkan pendapatan. Perusahaan dapat mensponsori program periklanan untuk menarik lebih banyak pengunjung dan pelanggan potensial. Adware sebagai strategi pemasaran adalah salah satu dari banyak teknik yang digunakan situs web untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas.

Namun, beberapa adware lebih dari sekadar iklan yang mengganggu dan bersinar. Dalam banyak kasus, adware menyertai lebih banyak perangkat lunak berbahaya yang mengunduh informasi yang dikumpulkan tentang pengguna tanpa izin. Kebiasaan berselancar pengguna kemudian dilacak. Dalam beberapa kasus, beranda browser diubah atau dialihkan ke situs sponsor perusahaan adware. Jenis adware ini berbahaya karena dapat membahayakan kesehatan sistem komputer Anda. Selain menginstal malware, itu juga bisa menjadi jalan bagi virus untuk menyerang sistem.

Adware mendapat kecaman tidak hanya karena kehadirannya yang mengganggu dalam bentuk pop-up dan spanduk, tetapi juga karena melanggar privasi pengguna. Pelacak dan spyware hanyalah dua jenis bentuk “buruk” yang dapat diambil oleh adware adware. Karena itu, sebagian besar pengguna komputer berusaha untuk menyingkirkan adware ini. Karena sifat pop-up adware yang mengganggu, sebagian besar browser sekarang menggunakan sistem pemblokiran adware dalam bentuk pemblokir pop-up atau pemblokir adware. Peramban seperti Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox menggunakan pemblokir pop-up yang langsung memblokir atau menutup jendela apa pun yang dibuka adware di situs web yang dikunjungi pengguna. Langkah-langkah ini telah secara drastis mengurangi jumlah adware sial yang muncul setiap kali sebuah situs web dibuka.

Sebagian besar perangkat lunak dan utilitas antivirus sekarang memiliki sistem pencarian dan penghapusan adware. Program-program ini mengindeks adware dan spyware terkenal di dunia Internet, mencarinya di sistem komputer pengguna, dan kemudian mengisolasi atau menghapus file berbahaya. Namun, meskipun banyak upaya melawan adware, mereka masih mengganggu peselancar web dengan iklan dan spanduk hebat mereka, serta dengan perangkat lunak buruk yang mereka masukkan ke dalam sistem komputer. Sebagai kebijaksanaan adware sial terus, peselancar web juga dilengkapi dengan alat dan utilitas terbaik untuk memerangi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *